ADMIN Effendi-Dmth.blogspot MENGUCAPKAN SELAMATMENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HIJRIAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Sunday, August 05, 2012

HIV AIDS

HIV AIDSDewasa ini perkembangan penyebaran virus HIV AIDS luar biasa cepat, tidak hanya menyerang orang dewasa dan golongan tertentu, namun bisa juga terjadi pada siapa saja tanpa melihat jenis kelamin atau golongan. Tercatat perkembangan virus ini juga terjadi melalui pemakaian jarum suntik narkoba atau obat terlarang lainnya menjadi urutan teratas. Selain itu melalui hubungan seksual tanpa pelindung/kondom dan transfusi darah yang tercemar virus HIV AIDS menjadi media penyebaran virus ini.

Pernahkah kita membayangkan diri kita terinfeksi HIV karena keteledoran kita menggunakan pisau cukur secara bersama tanpa disterilkan, atau menggunakan alat suntik bersama-sama? Karena itu sadarilah status HIV sebelum segalanya terlambat. Bagaimana cara agar kita tahu status HIV kita? Adalah dengan melakukan tes HIV. Saat ini program tes HIV biasa dikenal dengan VCT (Voluntary Counselling and Testing) atau Konseling dan Tes Sukarela. Hal ini merupakan proses pertolongan dimana seseorang dengan tulus dan bertujuan jelas memberikan waktu, perhatian dan keahliannya untuk membantu klien mempelajari keadaan dirinya, mengenali dan melakukan pemecahan terhadap keterbatasan yang diberikan lingkungan. Konseling ini bersifat sukarela dan rahasia, yang dilakukan sebelum dan sesudah tes darah HIV. Konseling ini dilakukan oleh konselor terlatih yang berprofesi sebagai perawat, pekerja sosial, dokter, psoikolog, psikiater ataupun profesi lain.


Jika anda berminat untuk melakukan VCT dapat dilakukan di rumah sakit setempat atau beberapa tempat yang telah dirujuk. Untuk domisili Yogyakarta anda dapat melakukan pelayanan tes HIV di :
  1. RS Dr. Sardjito - Kompleks RS. Dr. Sardjito, Telp. (0274) 587333 Pesawat 494;
  2. RS. Panti Rapih - Jl. Cik Di Tiro No. 30 Yogyakarta, Telp. (0274) 514845 Pesawat 404;
  3. RS. Bethesda - Jl. Jendral Sudirman No. 70 Yogyakarta, Telp. (0274) 586688 Pesawat 1234;
  4. RS. PKU Muhammadiyah - Jl. KHA Dahlan 20 Yogyakarta, Telp. (0274) 512653 Pesawat 180;
  5. PKBI DIY - Jl. Tentara Rakyat Mataram Gg. Kapas Badran, Telp. (027 586767.
Untuk Yang Berdomisili di Sumatera Utara










Saat ini diurutkan berdasarkan: No ID A-Z

LSM-InstitusiLayanan AIDS yang diberikan
IMSPre TesTes HIVPost TesMKARVIOTRMKDS
Yayasan GalateaTidakYaYaYaYaTidakTidakTidakYa
Drop in Center, Yayasan GalateaTidakYaYaYaYaTidakTidakTidakYa
Rumah Sakit Umum Haji MedanTidakYaYaYaTidakYaTidakTidakTidak
Rumah Sakit Umum H Adam MalikTidakYaYaYaTidakYaTidakTidakTidak
Cordia Caritas MedanTidakYaTidakYaYaTidakTidakTidakYa
Saat ini terdapat 5 LSM-Institusi yang mempunyai layanan AIDS di Propinsi Sumatera Utara


Konselor akan membantu kita memahami arti hasil tes (baik positif maupun negatif) dan mengajak kita membuat langkah-langkah selanjutnya dalam hidup kita sehari-hari. Jangan biarkan kebahagiaan terenggut, sadari sejak dini.


Artikel terkait:

Ditulis Oleh : Unknown ~ Hidup Akan Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Artikel HIV AIDS ini diposting oleh Unknown pada hari Sunday, August 05, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

SUBMIT YOUR SITE 4 FREE

0comments:

 
Related Posts Plugin for Effendi DmTh,