ADMIN Effendi-Dmth.blogspot MENGUCAPKAN SELAMATMENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HIJRIAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Sunday, July 08, 2012

Cara Menghitung Character Menggunakan Excel 2007


Manusia memiliki kuadrat kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa dipungkuri karena itu adalah pemberian tuhan yang harus disyukuri. Namun walaupun demikian tuhan masih memberi jalan keluar yang terbaik kepada umatnya agar membina dan menjalin silaturahim untuk berbagi saling mengisi antara sesama.

Sepertinya hal itu berlaku di era perkembangan teknologi dewasa ini yang semakin canggih kadang ada hal terlewatkan akibat keterbatasan keterampilan dan kemampuan. Namun keterbatasan bukan merupakan titik akhir untuk tidak bisa mengejar yang sudah lebih dulu menguasai seperti halnya kecanggihan yang ada pada microsoft office Excel 2007.

Oleh kebanyakan orang Excel dikenal memiliki fungsi dominan untuk menghitung berupa angka seperti penjumlahan, perkalian, dan lain-lalin. Akan tetapi keunggulan microsoft office Excel masih terbatas yang memanfaatkan fungsi-fungsinya antara lain seperti menghitung character atau huruf menggunakan formula COUNTIFS.

Cara menghitung character atau abjad menggunakan fungsi Countifs dalam microsoft office excel dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu :
1. Klick Formulas pada Menu
2. Pilih More Functions
3. Pilih Statistical lalu expand Tab
4. Pada expand tab pilih Countifs. Setelah mengklick Countif akan muncul Form Function Arguments
5. Pada form Functions Argument isi:
  • Critria Range 1 dengan kolom D row 2 sampai row 14 (D2:D14)
  • Critria dengan Jenis yang ingin dihitung. Umpamanya ingin menghitung berapa banyak L pada kolom D dari tabel yang kita pelajari sekarang
6. Klick OK
Cara untuk menghitung caharater dalam microsoft office excel 2007 selain yang diuraikan di atas juga bisa dilakukan secara manual dengan menulis Formula atau rumus secara langsung pada Row yang diinginkan. Contoh penulisan Formulanya =COUNTIFS(D2:D14;"L")

Semoga artikel ini bermanfaat.


Artikel terkait:

Ditulis Oleh : Effendi Dalimunthe ~ Hidup Akan Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Artikel Cara Menghitung Character Menggunakan Excel 2007 ini diposting oleh Effendi Dalimunthe pada hari Sunday, July 08, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

SUBMIT YOUR SITE 4 FREE

0comments:

 
Related Posts Plugin for Effendi DmTh,