ADMIN Effendi-Dmth.blogspot MENGUCAPKAN SELAMATMENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HIJRIAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Sunday, July 08, 2012

Cara Membuat Grafik Dalam Microsoft Office Excel 2007

Artikel ini akan membahas tentang 2 macam metode yang dapat ditempuh untuk membuat Chart atau grafik menggunakan Excel 2007. Namun sebelum masuk pada detail langkahnya, buatkan terlebih tabel sebagai sumber data yang akan dibuatkan grafiknya. Cara membuat tabel grafik ini sama dengan membuat tabel data lainnya pada Excel sheet. Tabel yang akan digunakan sebagai ilustrasi bahasan ini akan digunakan tabel berikut ini.
Tabel yang dibuat ini akan dijadikan sebagai tabel sumber data membuat Grafik. Namun untuk menghindari salah tafsir pada bahasan cara membuat grafik di sini, datanya perlu ditetapkan terlebih dahulu. Data yang akan digunakan sebagai ilustrasi membuat grafik di sini adalah data jumlah siswa LK dan PR berdasarkan Tahun. Di atas telah disinggung bahwa cara membuat grafik pada bahasan ini terdiri dari macam langkah yaitu:
Metode pertama untuk membuat grafik menggunakan Excel 2007 sebagai berikut:
1. Klick Insert pada Men
2. Block data yang akan dibuatkan grafik.
3. Pilih Column pada Menu insert

4. Pilih tipe grafik atau chart yang diinginkan lalu klick
Dengan 4 langkah yang dilakukan di atas data Tahun belum masuk pada data grafik. Untuk memasukan data Tahun, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Klick kanan pada form grafik
2. Pilih select data
3. Klick edit pada Horizontal (catgory) Axis Labels
4. Tuliskan atau masukan cell sumber data sebagai data axis grafiknya. Data Axisnya adalah. =Sheet1!$A$3:$A$7
5. Klick OK pada Axis label
6. Klick Ok pada Select data Source
Sedangkan metode kedua, untuk membuat grafik pada Excel 2007 hampir sama dengan cara pertama. Perbedaannya, kalau cara kedua sumber data grafiknya tidak diblock terlebih dahulu sehingga yang muncul nanti hanya form grafik blank atau kosong. Langkah-langkah untuk memasukan datanya sebagai berikut:
1. Klick Insert pada Menu
2. Klick Column pada Insert Menu
3. Klick Kanan pada Form Grafik Blank atau kosong
4. Pilih Select data
5. Tuliskan formula sesuai dengan lokasi cell sumber data di Chart data range pada form select data Source. Chart Data Range adalah sumber data yang akan digambarkan atau ditampilkan dalam bentuk grafik. Chart data Range di sini adalah jumlah LK dan PR. Jadi data Sourcenya adalah =Sheet1!$B$2:$C$7
6. Klick edit pada horizontal (catagory) Axis labes
7. Masukan data pada Axis label Ranges. Axis label rangenya adalah data yang menggambarkan Chart Data Range. Jadi Axis label range di sini adalah =Sheet1!$A$3:$A$7
8. Klick OK pada Axis label
9. Klick Ok pada Select data Source

Tidak terlalu sulitkan caranya ?.

Sedangkan cara menampilkan data label grafik silahkan membaca tutorialnya di sini

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Artikel terkait:

Ditulis Oleh : Effendi Dalimunthe ~ Hidup Akan Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Artikel Cara Membuat Grafik Dalam Microsoft Office Excel 2007 ini diposting oleh Effendi Dalimunthe pada hari Sunday, July 08, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

SUBMIT YOUR SITE 4 FREE

0comments:

 
Related Posts Plugin for Effendi DmTh,