ADMIN Effendi-Dmth.blogspot MENGUCAPKAN SELAMATMENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HIJRIAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Sunday, July 08, 2012

Cara Protect Sheet dalam Excel 2007


Data merupakan salah satu pilar utama untuk mengelola dan menggerakan sumberdaya-sumberdaya yang ada baik dalam organisasi maupun individu untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah direncanakan dengan efektif. Data dapat berupa data umum dan data rahasia.

Data merupakan bukti sejarah yang harus tetap terjaga agar tidak mudah dimanipulasi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Menjaga keaslian data bukan merupakan pekerjaan mudah karena membutuhkan komitment dan konsisten seseorang. Untuk mengantipasi hal demikian diperlukan manajemen sehingga keasliannya akan tetap terjaga.

Proteksi data dapat dilakukan dengan menetapkan atau memberikan tanggungjawab staf atau seseorang untuk mengelolanya. Namun langkah itu belum merupakan alternatif yang dianggap yang paling aman apalagi dalam lingkungan organisasi atau lembaga. Oleh karena demikian, perlu langkah antisipasi untuk memproteksinya agar data tidak dapat dirubah-rubah. Proteksi ini sangat diperlukan mengingat pikiran manusia itu setiap detik selalu berubah-berubah seiring tuntutan kebutuhan.
Berikut ini adalah salah satu cara untuk memproteksi atau mengamankan data pada worksheet Excel 2007 sehingga text atau data tidak dapat dimanipulas redaksinya walaupun filenya dapat diakses oleh orang lain.

Langkah-langkah untuk memprotek atau melindungi worksheet pada Excel 2007 dapat dilakukan sebagai berikut:
1. Klick Review pada Menu
2. Pilih Protect Sheet
3. Masukan Password yang diinginkan pada Form Protect Sheet
4. Klick Ok atau Enter
5. Masukan lagi Password yang sama pada form Confirm Password
6. Klick OK atau Enter

Dengan melakukan 6 langkah ini worksheet sudah diproteksi dan data sudah tidak dapat dirubah-rubah lagi. Apabila ingin memperbaharui data tapi tidak membuka unprotect maka akan muncul penolakan seperti di bawah ini.
Untuk membuka kembali sheet yang diprotect:
1. Klick Unprotect Sheet pada Menu
2. Masukan Password sesuai dengan password yang dimasukan sebelumnya.
3. Klick Ok
Selamat Mencoba dan Selamat memprotek/melindungi data dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab sehingga keaslian data akan tetap terjaga dan dipertahankan.
Semoga bermanfaat

BACA JUGA TOPIK ICROSOFT OFFICE EXCEL LAINNYA 


Artikel terkait:

Ditulis Oleh : Effendi Dalimunthe ~ Hidup Akan Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Artikel Cara Protect Sheet dalam Excel 2007 ini diposting oleh Effendi Dalimunthe pada hari Sunday, July 08, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

SUBMIT YOUR SITE 4 FREE

0comments:

 
Related Posts Plugin for Effendi DmTh,