ADMIN Effendi-Dmth.blogspot MENGUCAPKAN SELAMATMENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HIJRIAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Tuesday, July 03, 2012

Cerita Tentang Asal-usul Adzan

Assalamualaikum,selamat malam,para pembaca,sudah beberapa tidak update lagi,alhasil,pengunjung turun.yap,kali ini saya akan bagi informasi,mungkin anda sudah lebih tahu tentang ini,namun tak ada salahnya,kita membahas ulang,yap.. kini tentang Adzan ,pasti anda selalu dengar dimanapun dan kapanpun ,apa itu Adzan ? yap. Adzan seperti kita tahu,bahwa Adzan adalah panggilan Allah SWT kepada umat islam,bahwa waktu sholat sudah tiba, namun Apakah ada Asal-usul Adzan ? , pasti anda sudah tahu, siapa yg pertama kali mengumandangkan adzan ? benar, bilal bin robah r.a ,
nah,Asal-usul ini terkandung di dalam Hadits,

" Abdulloh bin 'Umar ra. Mengisahkan, beberapa saat setelah umat islam tiba dimadinah ,mereka berkumpul bersama-sama untuk sholat.mereka hanya mengira-ngira saja jika waktu sholat telah tiba. karena belum ada cara memanggil umat islam agar berkumpul untuk melakukan shalat berjamaah.
suatu hari mereka bermusyawarah, membicarakan cara memanggil umat islam agar berkumpul untuk melaksanakan sholat bersama. ada yg mengusulkan : "bunyikan saja lonceng seperti halnya orang nasrani "

"tiup seruling tanduk seperti orang yahudi " kata yg lain "
umar ra mengusulkan ,"mengapa tidak kita suruh saja seseorang memanggil orang untuk sholat ?"
akhirnya Rosululloh SAW memutuskan " Hai,Bilal , berdirilah panggil orang untuk sholat " ( HR. Muslim )


nah.. sudah jelas,ketika kita melihat arti adzan tersebut, terdapat arti di suatu lafadz, yaitu "marilah sholat" ,nah,semoga info ini bermanfaat buat saya,dan anda sekalian, nah.. jadi itulah asal-usul adzan.terima kasih ,wassalamualaikum.


Artikel terkait:

Ditulis Oleh : Effendi Dalimunthe ~ Hidup Akan Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Artikel Cerita Tentang Asal-usul Adzan ini diposting oleh Effendi Dalimunthe pada hari Tuesday, July 03, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

SUBMIT YOUR SITE 4 FREE

0comments:

 
Related Posts Plugin for Effendi DmTh,