ADMIN Effendi-Dmth.blogspot MENGUCAPKAN SELAMATMENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HIJRIAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Monday, June 25, 2012

Membuat Undangan Nikah Dengan Cepat

Desain Undangan Pernikahan zaman sekarang memang serba unik, selain harus memenuhi seni keindahan namun juga dituntut untuk cepat membuatnya. Maka dari itu saya memfungsikan vector jadi menjadi salah satu alternative saya, karna dengan mendesain unik nan cantik membutuhkan pemikiran serta waktu yang relativ lama.



Untuk mempercepat pengerjaan Pada Tutorial Coreldraw kali ini, saya mengambil vector dari CD 4 Platinum Wedding


1. Buka Program Coreldraw

Tekan CTRL + i untuk meng- import salah satu vector didalamnya.

screenshot Tutorial Ilmugrafis

- Bahan Untuk Tutorial ini bisa di Download disini

Dari bahan yang disediakan, Saya mengambil sebagian dari vector di atas, tentu saja berbentuk eps dan editable (bisa diedit ulang).

2. Buat sebuah kotak menggunakan Rectangle Tool (F6) 
screenshot Tutorial Ilmugrafis
Ukuran kotak bisa disesuaikan berdasarkan besar kecilnya undangan yang diinginkan, untuk tutorial cara mengukur besar kecilnya kotak bisa membaca tutorial Fungsi Ruler dan Guide Lines

3. Lalu saya memasukkan Gambar bermotif bunga dan floral (caranya sama, gunakan CRTL + i) untuk mengimport gambar tersebut ke Lembar kerja Coreldraw 

screenshot Tutorial Ilmugrafis

Seleksi Ornament bunga yang ada pada penggalan Vector Awal , lalu lakukan perintah Klik : Effect => Power Clip => Place Inside Container dan klik kotak yang dibuat, jika bingung caranya silahkan pelajari tentang power clip lebih lanjut disini Power Clip pada Pas Foto

Tambahkan Efek Transparasy dengan Interactive Transparency Tool pada Ornament bunga Warna Putih tersebut 

screenshot Tutorial Ilmugrafis

Tarik garis Transparency dari kiri atas ke kanan bawah. Selanjutnya saya gabung dengan kotak yang saya buat, tentu saja dengan cara effect => Powerclip => Place Inside Container juga. 

Dan diposisikan pada kiri atas. Hasil seperti bawah :

screenshot Tutorial Ilmugrafis

Sudah jadi background undangan yang cantik.

4. Kita beralih ke pengerjaan selanjutnya, tambahkan penggalan Vector Love agar lebih menarik gabung vector love tersebut dengan beberapa sayap yang bisa diambil dari floral - floral vector yang lain. Untuk koleksi Floral Vector yang sangan Lengkap bisa coba kesini Amazing FLoral Vector 
Tempatkan Love Vector (gambar love) pada kanan atas Lalu berikan efek Drop Shadow dengan menggunakan Interactive Drop Shadow Tool,

screenshot Tutorial Ilmugrafis

Klik pada gambar vector Love (gambar hati) lalu geser hingga muncul shadow (bayangan) 
Berikut ini Sedikit penjelasan mengenai pengaturan Drop Shadow :

screenshot Tutorial Ilmugrafis
(1) - (Preset List) : mengatur jenis bayangan
(2) - (Drop Shadow Opacity) : mengatur kontras bayangan yang dibuat
(3) - (Drop Shadow Feathering) : mengatur tebal tipisnya bayangan
(4) - (Drop Shadow Feathering Direction) : mengatur didalam atau diluarnya object bayangan
(5) - (Drop Shadow Feathering Edges) : mengatur jenis dari pencahayaan bayangan
(6) - (Transparency Operation) : mengatur jenis transparansi bayangan
* Note : Supaya lebih jelasnya, silahkan diotak atik sendiri gan. Ntar baru bisa membedakannya.
Saya menggunakan 1= medium glow, 2= 83 poin, 3= 8 poin, 4= outside, 5= inverse squared, 6= normal, jangan lupa dikasih warna putih. 

Dengan pengaturan di atas maka Hasilnya akan nampak seperti di bawah :

screenshot Tutorial Ilmugrafis

Setelah itu Saya bubuhkan sedikit tulisan “THE WEDDING“ dll….
Hasil seperti dibawah :

screenshot Tutorial Ilmugrafis

Mengenai tulisan “THE WEDDING” itu saya menggunakan background belakangnya dan saya masukkan ke tulisan dengan efek Power Clip. 
Jangan lupa efek tulisan copas yang telas di ulas pada tutorial sebelumnya. Kotakan dibawah tulisan “Yth” saya kasih warna putih dan saya efek lens (transparency type uniform)

Sesudah itu saya copy backgroundnya ke samping kanan dan saya bubuhkan sedikit tulisan juga. Nampak seperti di bawah :

screenshot Tutorial Ilmugrafis

[Klik Gambar untuk memperbesar tampilan] 
Dari sini telah jadi cover luar, begitupun juga pada cover dalam (baliknya) saya hanya menggandakan cover luar dengan perinta Copy dan Paste Cover Luar lalu saya balik posisinya.

5. Selanjutnya berikan kotakan putih transparan yang bertujuan orang membaca tulisannya secara focus dan tidak membaur dengan background di belakangnya.
Cara membuatnya, klik Rectangel Tool lalu buat kotak pada area yang ingin diberikan teks, Klik Pallete warna White (Putih) agar kotak yang kita buat berwarna putih, Lalu berikan klik Effect >> Lens >> pada Setting pilih Transperacy

screenshot Tutorial Ilmugrafis

Atur Transparecy sesuai keinginan, disini saya memakai 10%

Selanjutnya Baru kita Tambahkan teks untuk undangannya dan variasikan besar kecilnya sesuai yang diinginkan (jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, gunakan feel of art (perasaan))
Jika bingung kata - kata yang ditulis di undangan bisa mencontoh kata - kata undangan di website IG ini 
Hasil nampak seperti ini :

screenshot Tutorial Ilmugrafis

[Klik Gambar untuk memperbesar tampilan]
Saya menggunakan font jenis ‘Felix Titling’ , ‘Poor Richard’ , ‘Vivaldi’
- Bahan Fonts untuk Tutorial ini Bisa Download disini

Selamat mencoba dengan kreasi yang lebih atraktif.
Terima kasih. Semoga Bermanfaat 

Sumber:http://www.ilmugrafis.com/coreldraw_free.php?page=membuat-undangan-nikah-dengan-cepat


Artikel terkait:

Ditulis Oleh : Unknown ~ Hidup Akan Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Artikel Membuat Undangan Nikah Dengan Cepat ini diposting oleh Unknown pada hari Monday, June 25, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

SUBMIT YOUR SITE 4 FREE

0comments:

 
Related Posts Plugin for Effendi DmTh,