ADMIN Effendi-Dmth.blogspot MENGUCAPKAN SELAMATMENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HIJRIAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Sunday, June 03, 2012

Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principle).


ANALISIS IDENTIFIKASI NASABAH BERDASARKAN KNOW YOUR CUSTOMER PRINCIPLES PADA
PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH ACEH
........................................................
..............................



Oleh :
Effendi Dalimunthe










JURUSAN AKUNTANSI
PROGRAM STUDI KEUANGAN DAN PERBANKAN
_________________________________
PEMATANGSIANTAR
2010

KATA PENGANTAR
Segala Puji Syukur dan Kemuliaan hanya bagi-Nya karena berkat kasih karunia dan penyertaan-Nya,  penulis dapat melakukan penelitian ini dengan baik dan dapat menyelesaikan penulisan Tugas Akhir ini tepat pada waktunya.
Tugas Akhir ini merupakan hasil penelitian penulis pada PT. Bank Pembangunan Daerah Aceh Cabang Pembantu Toang Elok Medan, tentang Identifikasi Nasabah Berdasarkan Know Your Customer Principles dalam implementasi Peraturan Bank Indonesia No.5/21/PBI/2003 Tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principle).
Dalam Tugas Akhir ini dibahas mengenai Prinsip Mengenal Nasabah diawal Pembukaan rekening melalui pengisian secara lengkap dan benar data-data nasabah pada Aplikasi Pembukaan Rekening  Produk Dana tersedia.
Menyadari penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:
1)      Bapak/Ibu ......................
2)      Bapak/Ibu.............
Penulis sangat menyadari bahwa Tugas Akhir ini masih sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca demi kesempurnaan Tugas Akhir ini.
Akhir kata, penulis berharap semoga Tugas Akhir ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Pematangsiantar, .......2010
Penulis



Effendi Dalimunthe





DAFTAR ISI
                                                                                                                     Halaman
Kata Pengantar…................................................................................. i   
Daftar Isi.............................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN.....................................................................1
1.1 Latar Belakang….................................................................1  
1.2 Perumusan Masalah............................................................. 3
1.3 Tujuan Penelitian...................................................................3  
1.4 Manfaat penelitian ............................................................... 4  
BAB II KERANGKA TEORITIS..........................................................5
            2.1 Pengertian Bank, Nasabah dan Customer Information File
       (CIF)                                                                         …      5         
      2.1.1 Pengertian Bank…............................................................. .... 5  
      2.1.2 Fungsi Bank……. ............................................................. .... 6  
      2.1.3 Pengertian Nasabah........................................................... .... 10
      2.1.4 Pengertian CIF….............................................................. .... 10
               1. Membangun database nasabah…....................................... 11
               2. Fungsi CIF………….......................................................... 17
2.2 Customer Realtionship Management (CRM)……..................... .... 19
       2.2.1 Pengertian CRM…............................................................ .... 19
       2.2.2 Bagaimana Membangun CRM…........................................ .... 20
       2.2.3 Tujuan dan manfaat CRM…............................................... .... 21
2.3 Tindakan Pencucian Uang (Money Laundering/ML)…................ .... 23
       2.3.1 Pengertian dan Pola Pencucian Uang….............................. .... 23
2.4 Prinsip Mengenal Nasabah (KYP) Principles...  ............. .... 28
                   2.4.1 Infrastruktur Know Your Customer Principles.      .... 29
                   2.4.2 Penerapan KYC di Bank...................................          29       
                   2.4.3 Pembentukan Unit kerja Penerapan Prinsip Mengenal
Nasabah (UKPN)….............................................. .... 30


BAB III METODOLOGI PENELITIAN ………………………….      34
                   3.1 Jenis Penelitian…...................................................... .... 34
                   3.2 Populasi dan Sampel….................................................. 34
                   3.3 Jenis dan Sumber data…................................................ 35
                   3.4 Teknik pengumpulan data…...................................... .... 35
                   3.5 Metode Analisis data…............................................. .... 36
                   3.6 Jadwal dan lokasi penelitian…................................... .... 36
BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN............................................ 37
                   4.1 Gambaran Umum PT. BPD Aceh.............................. .... 37
             4.1.1 Riwayat dan Perubahan Nama serta Badan Hukum 37
             4.1.2 Visi, Misi dan Corporate Image Bank BPD Aceh.. 40
      4.1.3 Struktur Organisasi Bank BPD Aceh…................... 41
4.2 Analisis Hasil penelitian…................................................. 42
      4.2.1 Peranan CIF Pada Bank BPD Aceh…..................... 42
      4.2.2 Implementasi CRM pada Bank BPD Aceh…...... .... 43
      4.2.3 Kewajiban Bank BPD Aceh Cabang Pembantu
              Toang Elok Medan Terkait dengan Penerapan
              Know Your Customer (KYC) Principle................... 45
      4.2.4 Aplikasi Pembukaan Rekening baru untuk                
              Kepentingan Pembuatan nomor CIF pada
              Bank BPD Aceh................................................... .... 47
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN..................................................... 49
                         5.1 Kesimpulan….............................................................. 49
                         5.2 Saran……….......................................................... .... 50
Daftar Pustaka
Glossary 
Lampiran





BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
Sebagaimana diketahui pada tanggal 18 Juni  2001 Bank Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor: 3 / 10/ PBI/ 2000 tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah  (Know Your Customer Principles) sebagai salah satu upaya untuk mencegah agar sistem perbankan tidak digunakan sebagai sarana kejahatan pencucian uang, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung oleh pelaku kejahatan.
Dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor: 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang yang kemudian diubah dengan Undang-undang Nomor: 25 Tahun 2003 dan diikuti dengan dikeluarkannya Peraturan Bank Indonesia Nomor: 5 / 21 /PBI/ 2003 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Bank Indonesia Nomor: 3 / 10 /PBI/ 2001 tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah  (Know Your Customer Principles), maka perlu dilakukan beberapa perubahan dalam Pedoman Standar yang dikeluarkan pertama kali pada tahun 2001 guna menyesuaikan dengan peraturan perundangan yang berlaku. Dalam PBI tersebut, Bank diwajibkan untuk menerapkan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principles) yang terdiri dari kebijakan dan prosedur penerimaan dan identifikasi nasabah, pemantauan rekening nasabah, pemantauan transaksi nasabah serta kebijakan dan prosedur manajemen risiko. Penerapan kebijakan dan prosedur tersebut bertujuan agar Bank dapat mengenali profil nasabah maupun karakteristik setiap transaksi nasabah sehingga pada gilirannya Bank dapat mengidentifikasi Transaksi Keuangan Mencurigakan (suspicious transactions) dan selanjutnya melaporkan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan(PPATK). Dengan menerapkan Prinsip Mengenal Nasabah berarti Bank juga dapat meminimalkan kemungkinan risiko yang mungkin timbul yaitu  operationalrisk, legal risk, concentration risk dan reputational risk.
Salah satu prasyarat dan kondisi yang harus dipenuhi untuk meningkatkan efektivitas penerapan Prinsip Mengenal Nasabah adalah adanya kesamaan persepsi dan pemahaman oleh perbankan, masyarakat pengguna jasa Bank, instansi terkait dan aparat penegak hukum mengenai pentingnya penerapan prinsip tersebut. Salah satu upaya yang saat ini tengah dilakukan adalah komunikasi dan sosialisasi secara intensif dan berkesinambungan bukan hanya dengan perbankan tetapi juga dengan masyarakat luas. Khusus bagi dunia perbankan, persamaan persepsi dimaksud perlu dicapai mulai dari tingkat kebijakan sampai dengan pelaksanaannya. Untuk itu diperlukan adanya Pedoman Standar Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principle). Pedoman pelaksanaan dimaksud harus memenuhi persyaratan minimum yang ditetapkan dalam Pedoman Standar sesuai dengan kebutuhan masing-masing Bank yang tercermin dari kompleksitas kegiatan usahanya, sehingga pedoman pelaksanaan tersebut akan lebih rinci dan komprehensif. Pedoman Standar ini menguraikan tentang kebijakan umum, prosedur penerimaan dan identifikasi nasabah, pemantauan dan pelaporannya, serta pelatihan karyawan.
Mengingat penerapan Prinsip Mengenal Nasabah adalah hal yang relatif baru untuk industri jasa keuangan yaitu perbankan, maka tinjauan hukum dan penelitian terhadap efektivitas kebijakan yang sudah ada dan akan dikeluarkan pemerintah sedikit banyak akan memperkaya khasanah pengetahuan yang dapat berguna bagi masyarakat umum. Karena itu Penulis mengangkat judul “Analisis Identifikasi Nasabah berdasarkan Know Your Customer Principles pada PT. Bank Pembangunan Daerah Aceh Cabang Pembantu Tomang Elok Medan”.
Dalam Penulisan Tugas Akhir ini, legal name PT. Bank Pembangunan Daerah Aceh Cabang Pembantu Tomang Elok Medan untuk selanjutnya disebut dengan Bank BPD Aceh.
1.2.   Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang penelitian yang telah diuraikan, di atas, terlihat jelas bahwa Customer InformationFile (CIF) memiliki peranan yang sangat vital untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan perbankan seperti fraud dan money laundering, maka penulis menetapakan rumusan masalah penelitian sebagai berikut:“Apakah  proses identifikasi nasabah pada Bank BPD Aceh Cabang Pembantu Tomang Elok Medan telah sesuai dengan peraturan Bank Indonesia Nomor: 5/ 21/ PBI/ 2003 tentang penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principle)”.
1.3.  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mencari jawaban atas rumusan masalah di atas agar Penulis dapat mengetahui proses Identifikasi nasabah pada Bank BPD Aceh, telah sesuai dengan peraturan Bank Indonesia Nomor: 5/21/PBI/ 2003 tentang penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principle).”
1.4.  Manfaat Penelitian
Informasi yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1)      Sebagai sarana bagi penulis untuk mengetahui cara Pengimplementasian Peraturan Bank Indonesia Nomor: 5 /21/ PBI/ 2003 tentang penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principle) pada Bank BPD Aceh.
2)      Sebagai sumbangan saran bagi Bank BPD Aceh untuk lebih memperhatikan kelengkapan data-data nasabahnya agar terhindar dari berbagai bentuk kejahatan perbankan.
3)      Sebagai sumbang saran bagi pembaca dan pihak lain yang ingin melakukan  penelitian dengan pokok penelitian yang sama ataupun melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai penerapan prinsip mengenal nasabah yang mengacu pada Peraturan Bank Indonesia Nomor: 5 /21/ PBI/ 2003.



Perhatian saat anda mengklik link download anda akan segera di bawa ke halaman download adf.ly
tunggu 5 detik setelah itu klik pilihan lewati di sudut kanan paling atas setelah itu link download akan segera muncul dengan otomatis
Terimakasih.





Download >> TA lengkap versi word


Artikel terkait:

Ditulis Oleh : Unknown ~ Hidup Akan Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Artikel Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principle). ini diposting oleh Unknown pada hari Sunday, June 03, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

SUBMIT YOUR SITE 4 FREE

0comments:

 
Related Posts Plugin for Effendi DmTh,