ADMIN Effendi-Dmth.blogspot MENGUCAPKAN SELAMATMENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HIJRIAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Monday, June 04, 2012

FUNGSI SUMIFS PADA MICROSOFT EXCEL 2007



 Adakalanya kita dihadapkan pada suatu masalah yang berhubungan dengan data pengeluaran, yang metode pencatatannya di tidak terurut dalam bulan tertentu yang mungkin tertampilkan seperti gambar berikut :


 
Pada gambar tersebut, bulan tidak terurut rapi sehingga jika kita ingin menghitung beban pengeluaran untuk masing-masing kategori, tentu akan merepotkan karena kita akan menghitungnya satu persatu.  Ada cara perhitungan yang dapat kita lakukan yaitu dengan memanfaatkan fungsi SUMIFS pada excel 2007, bagaimana ? mungkin trick ini dapat membantu anda.

Langkah yang dilakukan
1. Blok kolom yang berisikan bulan, kategori dan nilai di atas kemudian sorot ribbon anda pilih menu insert,   klik table seperti icon berikut 






2. Setelah kolom membentuk suatu tabel, anda bisa membuat list pada cell tertentu yang digroup berdasarkan kategori, contohnya pada cell F1 sampai J1, seperti tampak pada gambar berikut :


3. Isi pada cel F2 dengan bulan yang nilainya sama dengan tabel yang dibentuk seperti Januari (pada F2), Februari (pada F3) dan seterusnya
4. Pada cel G2 isi dengan fungsi sumifs() dengan format sebagai berikut :
SUMIFS( the_range_to_sum, range_to_apply_criteria1, criteria1, [range_to_apply_criteria2, criteria2], … )
    Dengan mengikuti format tersebut, pada pada cell G2 kita isi dengan :
    =SUMIFS(table1[nilai];table2[Kategori];G$1;Table1[bulan];$F2)
5. Copy kan cara tersebut di atas untuk kolom Biaya makan, Fotocopy, dan Transfer dana sehingga akan menghasilkan nilai sebagai berikut :
 
Dengan pemanfaatan fungsi sumifs() ini, maka pengelompokan suatu kolom berdasarkan jenis pengeluarannya akan dapat terlihat lebih jelas !
Cobalah !!


Artikel terkait:

Ditulis Oleh : Unknown ~ Hidup Akan Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Artikel FUNGSI SUMIFS PADA MICROSOFT EXCEL 2007 ini diposting oleh Unknown pada hari Monday, June 04, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

SUBMIT YOUR SITE 4 FREE

1 comments:

thanx infonya.. sangat membantu pekerjaan sy

 
Related Posts Plugin for Effendi DmTh,