ADMIN Effendi-Dmth.blogspot MENGUCAPKAN SELAMATMENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HIJRIAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Tuesday, May 21, 2013

Cara Penggunaan RUMUS Menghitung Waktu pada Microsoft Excel


Untuk melakukan perhitungan waktu baik hari, bulan, maupun tahun anda dapat menggunakan fungsi Date dari Microsoft Excel. Fungsi date memiliki 3 buah parameter yaitu year, month dan day.


Pada posting kali ini saya akan memberikan tips dan contoh kasus penggunaan fungsi Date menggunakan Microsoft Excel untuk perhitungan waktu yang akan datang.


Sebagai contoh kasus adalah menentukan waktu kadaluarsa dari suatu barang berdasarkan tanggal produksi barang tersebut. Misalnya suatu barang diproduksi pada tangga 2 Januari 2009 akan kadaluarsa pada satu tahun yang akan datang yaitu 2 Januari 2010.


Kita akan membuat tabel di excel dengan kolom-kolom Nomor, Nama Barang, Tanggal Produksi dan Tanggal Kadaluarsa. Misalkan judul kolom Nomor ada di A1, Nama Barang di B1, Tanggal Produksi di C1 dan Tanggal Kadaluarsa di D1.


Kolom Nomor diisi nomor urut, kolom Nama Barang diisi nama barang, kolom Tanggal Produksi diisi tanggal produksi dan kolom Tanggal Kadaluarsa di cell D2 diisi rumus
=DATE(YEAR(C2)+1,MONTH(C2),DAY(C2))

Keterangan rumus:

Rumus di atas adalah untuk menghitung satu tahun dari tanggal produksi dengan parameter:

·                     YEAR(C2)+1 adalah menghitung 1 tahun dari tanggal produksi.
·                     MONTH(C2) adalah menentukan bulan kadaluarsa sesuai dengan bulan produksi.
·                     DAY(C2) adalah menentukan hari kadaluarsa sesuai dengan hari produksi.

Jika waktu kadaluarsa bukan 1 tahun melainkan 6 bulan, maka rumus pada kolom Tanggal kadaluarsa diubah menjadi: =DATE(YEAR(C2),MONTH(C2)+6,DAY(C2)). Pada rumus yang baru ini parameter tahun tidak ditambah 1 melainkan parameter bulan yang ditambah 6.

Begitu juga jika waktu kadaluarsa ditentukan dalam satuan hari misalnya 200 hari, maka rumus pada kolom tanggal kadaluarsa adalah: =DATE(YEAR(C2),MONTH(C2),DAY(C2)+200)


                                                                                                                Download contoh file Excel


Sumber : 

http://www.6laskar-pelangi.blogspot.com/2013/05/penggunaan-rumus-menghitung-waktu-pada.html#ixzz2TtHpHZOu


Artikel terkait:

Ditulis Oleh : Unknown ~ Hidup Akan Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Artikel Cara Penggunaan RUMUS Menghitung Waktu pada Microsoft Excel ini diposting oleh Unknown pada hari Tuesday, May 21, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

SUBMIT YOUR SITE 4 FREE

0comments:

 
Related Posts Plugin for Effendi DmTh,